1. Translasi
Diketahui titik kordinat A(10,10), B(30,10), dan C(10,30) dengan translasi vektor (10,20)
langkah - langkah dengan mencari A', B' dan C' :
Diketahui titik kordinat A(10,10), B(30,10), dan C(10,30) dengan translasi vektor (10,20)
langkah - langkah dengan mencari A', B' dan C' :
Titik A (10, 10)
X’= X + tX
= 10 + 10 =20
Y’= Y + tY
= 10 + 20 = 30
Hasil translasi titik A’ (20, 30)
Titik B (30, 10)
X’= X + tX
= 30 + 10 =40
Y’= Y + tY
= 10 + 20 = 30
Hasil translasi titik B’ (40, 30)
Titik C (10, 30)
X’= X + tX
= 10 + 10 =20
Y’= Y + tY
= 30 + 20 = 50
Hasil translasi titik C’ (20, 50)
Listing dalam Processing :
void setup(){size(200,200);background (255);noStroke();fill(70);triangle(10, 10, 30, 10, 10, 30);fill(50,50,115,90);pushMatrix();translate(10,20);triangle(20, 30, 40, 30, 20, 50);popMatrix();}
hasil
tampilan dari listing diatas :
2. Skala
Diketahui
titik kordinat A(10,10),
B(30,10),
C(30,20), D(10,20) dengan skala faktor (3,2)
cari A',
B',C' dan D' :
Titik A (10, 10)
X’= X . sX
= 10 . 3 =30
Y’= Y . sY
= 10 . 2 = 20
Hasil skala titik A’ (30, 20)
Titik B (30, 10)
X’= X . sX
= 30 . 3 =90
Y’= Y . sY
= 10 . 2 = 20
Hasil skala titik B’ (90, 20)
Titik C (30, 20)
X’= X . sX
= 30 . 3 =90
Y’= Y . sY
= 20 . 2 = 40
Hasil skala titik C’ (90, 40)
Titik D (10, 20)
X’= X . sX
= 10 . 3 =30
Y’= Y . sY
= 20 . 2 = 40
Hasil skala titik D’
(30, 40)
Listing dalam Processing :
void setup()
{size (400,300);background (255);stroke(100);fill(80);quad(10, 10, 30, 10, 30, 20, 10, 20);stroke(1);pushMatrix();scale(3.2);fill(70);quad(30, 20, 90, 20, 90, 40, 30, 40);popMatrix();}
hasil
tampilan dari listing diatas :
3. Rotasi
Diketahui
titik kordinat A(10,10), B(30,10), dan C(10,30) dengan sudut
rotasi 30 derajat dan sudut cartesian (10,10)
langkah -
langkah :
Titik A (10, 10)
X’= Xp + (X - Xp) cos(300) - (Y-Yp) sin(300)
= 10 + (10 – 10) 0,9 – (10 –
10) 0,5
= 10 + 0 – 0 = 10
Y’= Yp + (X-Xp) sin(300) + (Y-Yp) cos(300)
= 10 + (10 – 10) 0,5 + (10 –
10) 0,9
= 10 + 0 – 0 = 10
Hasil rotasi titik A’ (10, 10)
Titik B (30, 10)
X’= Xp + (X - Xp) cos(300) - (Y-Yp) sin(300)
= 10 + (30 – 10) 0,9 – (10 –
10) 0,5
= 10 + 18 – 0 = 28
Y’= Yp + (X-Xp) sin(300) + (Y-Yp) cos(300)
= 10 + (30 – 10) 0,5 + (10 –
10) 0,9
= 10 + 10 – 0 = 20
Hasil rotasi titik B’ (28, 20)
Titik C (10, 30)
X’= Xp + (X - Xp) cos(300) - (Y-Yp) sin(300)
= 10 + (10 – 10) 0,9 – (30 –
10) 0,5
= 10 + 0 +10 = 20
Y’= Yp + (X-Xp) sin(300) + (Y-Yp) cos(300)
= 10 + (10 – 10) 0,5 + (30 –
10) 0,9
= 10 + 0 + 18 = 28
Hasil rotasi titik C’ (20, 28)
listing dalam Processing :
listing dalam Processing :
void setup(){size(100,100);background (255);noStroke();fill(90);triangle(10, 10, 30, 10, 10, 30);fill(0,0,115,125);pushMatrix();rotate(radians(30));triangle(10, 10, 28, 20, 20, 28);popMatrix();}
hasil tampilan listing diatas :
kita juga punya nih artikel mengenai 'Grafik Komputer', silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
BalasHapushttp://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/836/1/D87-D95_Yusuf.pdf
trimakasih
semoga bermanfaat